⚡Cara memindahkan iklan anchor sticky auto-ads ke bawah | Gapura.my.id

  • Whatsapp
⚡Cara memindahkan iklan anchor sticky auto-ads ke bawah | wpidn.com

[ad_1]

Anchor ads adalah iklan yang menempel (sticky) di ujung layar pengunjung. Anchor sticky ads ini mempunyai tingkat impresi yang tinggi sekali, karena hampir selalu muncul di layar pengunjung mulai dari dari pengunjung masuk ke website kita.

Bacaan Lainnya

Mengaktifkan anchor ads adsense otomatis

Bagi yang sudah diterima adsense, selalu bisa memakai iklan jenis anchor ads ini. Iklan anchor ini tidak muncul otomatis, tetapi harus diaktifkan dari dashboard adsense.

Cara memasang iklan anchor adsense adalah:

  1. Masuk ke dashboard adsense, Pilih menu Ads >> Overview.
  2. Pastikan auto ads sudah aktif di website kita (ON berwarna hijau), dan klik gambar pensil untuk mengedit iklan.
Cara memilih iklan auto ads adsense
Cara memilih iklan auto ads adsense
  1. Di sebelah kanan, kita akan melihat iklan-iklan autoads yang bisa kita munculkan, dan aktifkan anchor ads sampai tombol berwarna biru.
Cara mengaktifkan anchor ads sticky adsense
Cara mengaktifkan anchor ads sticky adsense
  1. Di tengah akan muncul preview bagaimana anhor ads akan terlihat di website kita.
  2. Klik Apply to site, maka secara otomatis anchor ads ini akan mucul di website kita. Kita tidak perlu memasang, mengedit, kode adsense yang sudah ada.
  3. Mungkin tidak langsung muncul, tunggu beberapa saat, kadang memerlukan beberapa jam untuk perubahan bisa terjadi.

Anchor ads di atas atau bawah

Posisi iklan sticky anchor secara default dari Google ada di atas layar. Menurut dokumentasi Google adsense, mereka melihat posisi di atas berpotensi menghasilkan pendapatan yang lebih banyak.

Untuk iklan anchor AdSense ini, pada kebanyakan website lebih banyak dipasang di bawah. Bisa jadi karena pertimbangan estetika atau memang karena pendapatan ad unit iklan yang lebih besar. Kalau menurut saya, memang iklan sticky di bagian atas layar terlihat lebih mengganggu.

Untuk pendapatan iklan sticky ini mungkin bisa berbeda-beda dari satu web dengan web yang lainnya. Kita harus mencoba kedua posisi, lalu membandingkan, mana yang memberikan pendapatan lebih besar.

Coba setidaknya 1 minggu untuk posisi anchor AdSense di atas, lalau seminggu kemudian posisi anchor ads di bawah. Lalu bandingkan penghasilan ads unit itu dari laporan Google AdSense.

Posisi Anchor ads di atas dan bawah
Posisi Anchor ads di atas atau bawah

Untuk memindahkan anchor ads ke bawah, kita harus mengedit kode auto ads kita. Posisi ads ke bawah ini tidak akan melanggar policy adsense. Modifikasi kode adsense untuk posisi iklan iklan anchor ke bawah termasuk modifikasi yang disetujui Google. Sama saja dengan web-web yang memiliki anchor di bawah, diperbolehkan dan tidak menyalahi policy adsense.

Untuk kode auto AdSense yang terpasang di web kita, aslinya akan seperti ini:

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
<script>

</script>

Cara untuk memindahkan posisi anchor adsense ke awah, kita hanya perlu melakukan modifikasi dengan menambahkan parameter overlays: {bottom: true}.
Sehingga hasilnya, kode adsense untuk posisi anchor di bawah akan menjadi:

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
<script>

</script>

Jika kita memakai code auto AdSense yang baru seperti:

<script data-ad-client="ca-pub-1234567890123456" async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>

Maka kamu harus mengubah kode ini menjadi kode lama, seperti yang di tengah untuk membuat anchor di posisi bawah. Tidak ada perbedaan pendapatan antara kode lama dengan kode baru. Kode auto AdSense baru menyingkat kode agar lebih rapi, dan lebih mengarahkan publisher untuk melakukan perubahan dari dashboard AdSense.

Jangan lupa mengganti nomor ca-pub sesuai ca-pub yang kita pakai sebelumnya.

Dan simpan/save perubahan ini. Jika website memakai plugin atau tool cache, lakukan clear cache, untuk membersihkan cache dengan kode lama.

Harusnya perubahan ini akan langsung terlihat, kecuali memang sebelumnya belum pernah memakai anchor, bisa jadi perubahan harus menunggu dulu.

Iklan AdSense anchor sticky ini juga bisa dipasang secara manual. Tetapi harus mengikuti aturan adsense yang ada. Terutama untuk tombol close (x), harus ada dan terlihat jelas pada iklan yang bersifat sticky atau anchor. Kegagalan membuat iklan AdSense yang tidak bisa ditutup bisa mengakibatkan pembatasan iklan atau bahkan permanen banned.

Setelah posisi anchor ads ada di bawah, maka kita bisa membandingkan mana posisi iklan yang paling optimal untuk website dan karakter pengunjung kita.

[ad_2]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *