Cara menggunakan aplikasi PuTTY dan SSH Key untuk VPS/Server

  • Whatsapp
⚡Cara menggunakan aplikasi PuTTY dan SSH Key untuk VPS/Server

Cara menggunakan aplikasi PuTTY dan SSH Key untuk VPS/Server. Aplikasi PuTTY SSH banyak dipakai ketika kita mengelola VPS Internet hosting atau server sendiri. Mungkin terlihat sulit, padahal tidak. Perintah untuk memakai PuTTY bisa dicari dimana-mana termasuk penjelasannya, kita tinggal pakai saja. Tetapi langkah pertama yang paling penting adalah memahami cara menggunakan PuTTY.

Saya bukan programmer, jadi saya akan menjelaskan dengan bahasa yang lebih sederhana. PuTTY memiliki banyak fungsi, tetapi disini akan dijelaskan bagian-bagian penting dalam hubungannya dengan memanage VPS atau webhosting.

Apa itu PuTTY

PuTTY adalah software program atau software terminal emulator termasuk SSH dan Telnet. Putty bisa dipakai di Home windows, Linux, dan MacOS. Bahasa sederhananya, putty merupakan sebuah software yang dipakai untuk masuk dan melakukan distant pada sebuah komputer atau server. Jika kita menyewa sebuah VPS atau internet hosting, artinya kita menyewa sebuah komputer/server, dan untuk mengakses dan memberikan perintah pada server atau VPS itu, kita bisa memakai Putty.

Untuk yang mau memakai VPS sebagai tempat internet hosting web site/WordPress, sangat perlu untuk mengetahui cara memakai PuTTY. Baik yang berniat untuk memanaged sendiri atau memanaged VPS lewat kontrol panel, perlu untuk melakukan distant untuk masuk ke dalam server yang kita sewa, salah satu cara yang paling aman dan mudah adalah dengan Putty.

Dari PuTTY SSH, kita akan memasukkan perintah-perintah untuk berbagai tujuan, mulai dari menginstall VPS, mengkonfigurasi VPS, dan lainnya. Jangan khawatir, tidak seribet yang kamu bayangkan, di Gapura.my.id ini akan dijelaskan cara dan langkah yang mudah, terutama untuk pemula.

information:;base64,
PuTTY SSH Key untuk distant VPS Server

Memakai kontrol panel managed VPS internet hosting seperti Runcloud, Server Pilot akan menghindari kita dari pemakaian direct distant seperti PuTTY dan perintah/kode yang rumit lainnya, semuanya sudah bisa dikontrol dari panel seperti C-Panel, cukup klik-klik saja, tanpa perlu mengetahui bahasa dan perintah-perintah dasar Linux/PuTTY. Tetapi untuk mengkoneksi awal kontrol panel ini, tetap harus menggunakan PuTTY, biasanya hanya cukup sekali saja. Makanya kita harus tahu bagaimana cara menggunakan SSH PuTTY jika akan menggunakan VPS.

Cara menggunakan aplikasi PuTTY dan SSH Key untuk VPS/Server

Cara menggunakan PuTTY

Yang perlu disiapkan sebelum memakai PuTTY:

  • Koneksi web
  • Alamat atau IP handle VPS/server/cloud internet hosting
  • Person title dan password, data ini akan diberikan dari penyedia internet hosting setelah kita membuat sebuah VPS.
  1. Obtain PuTTY

PuTTY adalah sebuah open supply, dan free of charge, tidak perlu membayar apa-apa. PuTTY bisa di obtain dari halaman resminya disini. Jika kamu masuk lewat putty.org, nantinya akan diarahkan ke halaman itu juga. Untuk pengguna home windows, pilih yang “MSI (‘Home windows Installer’)” pilih yang 32-bit atau 64-bit sesuai dengan OS yang kamu pakai.

Ada juga PuTTY transportable yang bisa didownload disini. Tetapi saya menyarankan lebih baik memakai installer dari web site dan file resminya di atas.

  1. Set up PuTTY

Double klik file instalasi, dan selesaikan proses untuk menginstallnya. Setelah selesai, jalankan PuTTY dari desktop atau lokasi file biasanya di C:Program FilesPuTTYputty.exe.

  1. Konfigurasi PuTTY

Masukkan IP handle atau host title. Pilih port 22, atau port lain yang diberikan dari internet hosting. Pilih jenis koneksi SSH. SSH adalah jalur terenkripsi untuk koneksi ke sebuah server atau komputer, tidak bisa disusupi oleh pihak lain, mirip seeperti https pada web site.

information:;base64,
Memasukkan alamat IP host-server pada PuTTY

Sebaiknya simpan koneksi ini, untuk memudahkan kita memakai atau melakukan koneksi lagi nantinya, tanpa perlu mengetik atau mengingat alamat IP. Ketik nama koneksi di bawah kotak saved classes, bisa memakai nama internet hosting atau area untuk mempermudah, dan klik save. Maka akan muncul nama koneksi yang kita simpan di “default settings”.

Untuk mecoba alamat IP yang sudah kita simpan, kita bisa menutup PuTTY SSH dan membukanya kembali, lalu pilih nama koneksi yang kita simpan sebelumnya, dan klik load, maka alamat IP akan langsung muncul di kotak paling atas.

information:;base64,
Peringatan PuTTY Safety Alert

Ketika pertama kali masuk ke dalam server lewat PuTTY atau SSH tunnel lainnya, akan muncul peringantan “PuTTY Safety Alert” seperti di atas. Klik sure, dan untuk koneksi selanjutnya peringatan ini tidak akan muncul lagi.

  1. Distant server

Lalu klik open untuk masuk ke server.  Biasanya akan muncul “login as” untuk kita memasukkan person title, dan ketikkan person namenya disini.

Lalu kita akan diminta untuk memasukkan password. Untuk mempermudah, kita bisa copy password, dan cukup dengan klik kanan saja di jendela PuTTY untuk mem paste password.

Khusus untuk memasukkan password, password tidak akan terlihat di layar, dan setelah kita paste tidak akan ada perubahan apa-apa di layar, lalu tekan enter.

information:;base64,
PuTTY login sebagai root ke VPS

Jika berhasil, maka akan muncul welcome atau sejenisnya, yang artinya kita sudah terkoneksi dengan server/VPS kita.

Dan setelahnya kita bisa memasukkan perintah-perintah pada PuTTY. Untuk keluar PuTTY bisa mengetikkan exit atau menekan tombol keyboard ctrl+D.

Cara membuat dan memakai SSH Key PuTTY

Jika kita perhatikan cara untuk login ke VPS server dengan PuTTY di atas, cukup mudah tetapi rentan untuk keamanan. Karena cukup mudah untuk mengetahui IP handle dari web site atau server kita, dan orang bisa mencoba masuk ke server kita dengan mencoba-coba password. Dan person title yan paling sering dipakai pada VPS adalah root, linux.

Brute power adalah teknik untuk membobol password mencoba-coba kombinasi huruf dan karakter secara berulang-ulang. Ada software program dan software yang bisa dipakai orang untuk melakukan ini secara otomatis, jika passsword yang kita buat tidak unik dan pendek, maka kemungkinan untuk dibobol lebih besar.

Untuk proteksi yang maksimal, kita bisa memakai SSH key. SSH key adalah sebuah file terenkripsi dengan karakter acak dan panjang, yang berfungsi sebagai kunci untuk masuk ke server. Singkatnya, SSH key menggantikan password untuk masuk ke server. SSH key jauh lebih aman dari password biasa (konvensional), dan hampir tidak mungkin ditembus dengan bruteforce.

Sistem atau cara SSH key menggunakan dua file key (kunci), public key dan prive key. Publick key akan disimpan di server, sehingga ketika masuk dengan menggunakan non-public key, jika kedua key cocok, maka kita bisa masuk dan terhubung.

Ketika kita kita membuat atau mendeploy sebuah VPS, kita pasti diberi pilihan untuk memasang SSH key, jadi nanti untuk login tidak lagi memakai password seperti cara di atas. Beberapa penyedia VPS ada juga yang sudah menyediakan SSH key yang bisa kita obtain dan langsung dipakai, seperti Amazon AWS. Untuk penyedia VPS seperti Upcloud, Vultr, Sigital Ocean, kita harus membuat SSH key sendiri.

Sebaiknya memasang SSH Key pada saat awal pembuatan VPS. Memasang SSH key setelah VPS operating membutuhkan proses yang jauh lebih rumit.

Cara membuat SSH key dengan PuTTY

Complete Time: 10 menit

Aplikasi PuttyGen

Untuk membuat SSH key dengan PuTTY, kita tidak memakai aplikasi PuTTY (putty.exe aplikasi untuk koneksi ke server), tetapi memakai aplikasi PuttyGen. Puttygen ini sudah terinstall ketika kita menginstal PuTTY, aplikasinya biasanya da di folder : C:Program FilesPuTTY atau kita bisa menekan tombol home windows, dan mengetikkan PuttyGen untuk mencari file tersebut.
information:;base64,

Parameter

Tidak ada parameter yang harus kita ubah, gunakan pengaturan default, yaitu RSA dan 2048 (variety of bits in a generate key).
information:;base64,

Generate public/non-public key

Klik generate, maka file akan bekerja untuk mengenerate file, gerak-gerakkan mouse di bagian kotak tengah untuk membuat karakter acak sesuai gerakan mouse kita.
information:;base64,

Pasang public key di VPS

Kode panjang di dalam field ini yang perlu kita masukkan ke VPS, dari dashboard atau panel saat kita akan membuat VPS atau server internet hosting kita. Kode ini akan bertindak sebagai public key.
Walaupun tidak terlalu perlu, kita bisa menyimpan kode ini sebagai file public, dengan mengklik save public key, simpan dengan ekstensi .pub
information:;base64,

Membuat non-public key

Selanjutnya kita perlu membuat non-public key dengan cara klik save non-public key. Akan muncul PuTTYgen warning, karena kita menyimpan key tanpa passphrase (password), dan klik sure. Ada beberapa console yang tidak bisa membuka non-public key yang dipasangkan passowrd (passphrase), biasanya saya kosongkan saja.
File non-public key PuTTY akan disimpan dengan ekstensi ppk. File ini yang akan kita pakai untuk login ke VPS server yang sebelumnya sudah kita buat dengan menambahkan public key.
information:;base64,

Login ke VPS dengan SSH non-public key

Buka PuTTY dan masukkan alamat atau nama host.
information:;base64,

Setting SSH

Dari menu sebelah kiri, masuk pilihan connection >> SSH >>Auth, lalu klik browse dan cari/pilih file ppk yang sudah kita buat sebelumnya untuk VPS ini.
information:;base64,

Save session

Supaya tidak melakukan ini berulang-ulang setiap kali mau masuk ke server, simpan koneksi ini. Dengan cara masuk ke class/menu session, tulis nama unik untuk koneksi ini si bawah saved classes, dan klik save. Nantinya, untuk koneksi selanjutnya kita cukup mencari nama koneksi ini, dan klik load, lalu klik open.
Jika sudah terhubung ke server, maka muncul login as: dan kita ketikkan person title, contohnya root, dan klik enter. Untuk koneksi pertama kali ke VPS itu, akan mucul PuTTY safety alert, dan klik sure.
Tidak akan ada lagi permintaan password, dan hanya akan ada tulisan Authenticating with public key “rsa-key-xxxxxxxx”. Jika kunci cocok, maka kita akan terhubung ke dalam server.
information:;base64,

auto-login username

Jika kita mau agar tidak perlu lagi mengetik atau memasukkan person title seperti root untuk setiap kali koneksi, person title ini bisa kita simpan lewat menu connection >> information >> auto-login username (tulis person title disini), dan simpan/save koneksi ini. Jadi selanjutnya ketika kita open koneksi, person title dan file non-public key sudah akan dimasukkan secara otomatis.
information:;base64,

Dan setelah masuk ke dalam VPS, kita bisa memberikan perintah-perintah untuk mengkonfigurasi server VPS kita, mulai dari menginstal apalikasi, menginstall WordPress, improve OS, setting, dan lainnya.

Different selain PuTTY

PuTTY bukan satu-satu software program atau software untuk logging dan distant ke VPS atau cloud server. tetapi PuTTY masih menjadi pilihan terbaik untuk pemula dan developer sekalipun.

Tetapi jika ingin mencoba dan melihat various SSH Consumer selain PuTTY, berikut beberapa diantaranya:

  1. KiTTY (free of charge)
  2. MobaXterm (free dan premium)
  3. mRemoteNG (free of charge)
  4. Xshell 6 (bayar)
  5. Bitvise SSH Consumer (bayar)
  6. PuttyTray (free of charge)
  7. ExtraPutty (free of charge)

[ad_2]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *