Mengatasi Visitor Blog Yang Tiba-Tiba Hilang Secara Drastis – Gapura Network

Diposting pada

Sebagai seorang bloggger tentunya kita pernah melakukan kesalahan sehingga itu menjadi penyebab pengunjung blog turun drastis.

Kesalahan ini sangat fatal karena dampaknya lansung pada penurunan peringkat sehingga visitor tiba tiba hilang secara drastis.

Jika tidak ditanggulangi secara cepat maka akan semakin memburuk.

Sayangnya panduan untuk mengatasi visitor blog yang tiba tiba hilang ini jarang dibagikan.

Bahkan di luar sana yang ada hanya panduan seo yang sudah lama yang boleh dikata sudah tidak mempan lagi seiring algoritma berubah.

Alhasil blogger pemula bahkan yang expert sekalipun sulit untuk mengatasi ini.

Padahal kalau Anda mau tahu, Penyebabnya hanya 1 !

Otoritas Blog Anda sudah tidak bagus lagi di mata mesin pencari. Otoritas blog Anda mulai rusak sehingga tidak dipercayai lagi.

Apa yang menyebabkan otoritas blog Anda sudah tidak bagus lagi ?

Penyebabnya ada 2. Karena link dan konten.

Link Dan Konten Dapat Menjadi Penyebab Visitor Tiba Tiba Hilang

Disini Gapura Network coba membagikan lagi sebuah panduan singkat tapi saya yakin ini adalah jalan keluar untuk blog Anda agar visitornya bisa kembali seperti sedia kala.

Pembahasan kali ini melingkup kesalahan dari luar dan dalam yang menyebabkan otoritas blog semakin tidak dipercayai lagi oleh mesin pencari.

1 ) Melakukan Pembenahan Pada Link External / Backlink

Apapun jenis perubahan algoritma backlink tetap menjadi tolak ukur. Backlink dianggap sebagai sebuah tempat yang mereferensikan website Anda.

Jika backlink / tempat blog Anda mendapatkan referensi yang otoritasnya bagus maka Anda pun akan mendapatkan otoritas yang bagus pula.

Demikian sebaliknya. Jika Anda mendapatkan kualitas backlink yang buruk maka otoritas Blog Anda pun juga ikut menjadi buruk.

Jadi disini tugas Anda adalah melakukan pembenahan untuk backlink yang buruk ini.

Caranya sangat mudah.. telusuri semua link yang menuju ke blog Anda dan hapus semua link yang memiliki otoritas kecil, minim, buruk.

Untuk mengetahui kualitas backlink yang buruk mudah saja. Anda bisa menggunakan bantuan tools berbayar (Karena yang free tidak full action)

Atau …

Menggunakan cara manual seperti cara yang sering Gapura Network lakukan.

Caranya seperti ini..

Menuju ke webmaster tools, Klik tautan kemudian klik situs tertaut teratas kemudian klik selengkapnya. Nantinya Anda akan diperlihatkan berapa total jumlah domain yang memberikan link ke blog Anda.

Seperti ini…

Situs tertaut teratas

Sekarang klik tanda arah panah bawah yang berada pada sebelah kanan webmaster tools seperti gambar diatas untuk membuka pilihan download.

Nantinya Anda akan disuguhkan dua pilihan download.

Pilihannya adalah Google CSV dan Google spreadsheet.

Sekarang pilih Google spreadsheet.

Jika sudah terbuka maka nantinya Anda akan diberitahukan list daftar domain apa saja yang sudah memberikan blog Anda link.

google spreadsheet

Dari sini kita sudah dapat melakukan pembenahan dengan cara mengukur otoritas domain domain tersebut satu persatu. Anda bisa menggunakan bantuan DA cheker untuk mengetahui masing masing DA dan PA domain tersebut.

Tapi jika ingin lebih mudah bisa juga menggunakan cara seperti yang sering saya lakukan.

Caranya adalah memilih semua list domain yang berwarna hitam (Kualitas Buruk) yang ada pada list tersebut.

Contohnya begini…

Link buruk
Link yang berwarna hitam tersebut biasanya sudah expired, webnya rusak,ada malware, atau lainnya sehingga dinyatakan kalau domain tersebut tidak bagus lagi untuk mensuplay link ke blog Anda.

Pada seoprofiler hal ini dikatakan sebagai suspicious links atau link disinfection.

Anda bisa menguji satu persatu domain tersebut untuk membuktikan apakah web tersebut masih bisa terbuka atau tidak.

Biasanya web tersebut sudah rusak tapi ada juga masih bisa dikunjungi Tapi dianggap tidak baik lagi.

Jadi tugas Anda adalah mengumpulkan semua daftar domain tersebut kemudian lakukan disavow link.

2 ) Mengatasi Melalui Konten

Lanjut tahap kedua. Tahapan ini adalah pembenahan yang ada dalam blog Anda. disini ada beberapa beberapa hal perlu diperhatikan dan paling sering dilakukan sehingga terjadi kesalahan.

  1. Duplikat Keyword
  2. Duplikat Konten
  3. Konten Tidak Berkualitas

Ketiga tempat tersebut sebaiknya selalu diperhatikan agar tidak lagi terjadi kesalahan.

Duplikat Keyword

Beberapa waktu silam saya sudah membahas mengenai duplikat keyword ini. Sangat sederhana namun jika dilakukan bisa membuat malapetaka pada blog Anda. Bahkan ini jarang diperhatikan. Apa dan bagaimana yang dimaksud duplikat keyword ? Baca dan dapatkan pengalamannya pada artikel Pengaruh Duplikat Keyword

Duplikat Konten

Duplikat konten juga bisa terjadi dari luar dan dalam. Jika Anda mengcopy artikel / konten orang kemudian memposting ulang di blog Anda maka sudah dapat dipastikan blog Anda tidak akan menghasilkan apa-apa.

Yang ada justru Anda menyianyiakan waktu Anda.

Duplikat konten pun tidak hanya terjadi jika Anda melakukan copas saja.

Juga bisa terjadi ketika Anda melakukan copy writing/ menulis ulang konten orang.

Maka dari itu, Sebelum melakukannya sebaiknya Anda membaca dulu Tips Copywriting

Setelah itu telusuri semua konten yang ada dalam blog Anda dan temukan apakah ada duplikat konten. Cara sederhana untuk mengetahui ini bisa dengan menggunakan bantuan duplicte content cheker.

duplicate content cheker

Jika hasilnya nihil abaikan langkah ini. Jika hasilnya ada terjadi duplicate maka segera benahi.

Karena duplikat blog Anda akan dianggap blog yang mengada-ada, blog yang tidak memiliki sejumlah bahan untuk memperkaya google sehingga tidak diberikan otoritas yang baik.

Konten Berkualitas

Jenis konten berkualitas ada 2. Artikel berkualitas seo dan artikel berkualitas yang benar benar menjadi jalan keluar para pengunjung.

Perlu diketahui, Pengunjung menggunakan mesin pencari untuk menemukan jalan keluar dari apa yang mereka butuhkan.

Jika ternyata ketika mereka menemukan blog Anda dan permasalahan mereka dapat terselesaikan maka ada dua kemungkinan terjadi.

  1. Visitor ini akan datang lagi untuk menemukan hal lainnya atau…
  2. Pengunjung ini membagikan postingan Anda

Dari sini signal ke google tercipta. Google menilik blog yang memiliki tingkat bouncing yang bagus. Sedangkan diketahui ketika blog anda dikunjungi dengan waktu baca yang lumayan lama kemudian ada halaman lain yang terbuka maka ini akan diakui bahwa blog Anda memilik konten yang berkualitas.

Apa jadinya jika pengunjung datang dan belum 10 detik lansung meninggalkan blog Anda.

Besaran pentalan sangat menentukan apa yang Anda bagikan.

Jadi perhatikan setiap aspek yang ada.

Masih ada yang kurang ?

Silahkan berkomentar.

Gambar Gravatar
Seorang Blogger Amatiran. Pecinta Sholawat dan Dzikir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *